Ada Hantu di Langit Selatan

Tahukah anda bahwa bintang berubah menjadi hantu ketika mereka mati?

Nebula Burung Hantu Selatan terbentuk dari sisa-sisa bintang yang mati. (ESO/Unawe.org)

Gelembung indah di foto antariksa ini adalah hantu bersinar dari bintang yang menghantui kegelapan luar angkasa. Tahukah anda bahwa bintang berubah menjadi hantu ketika mereka mati?

Objek ini adalah hantu bintang yang dulunya sangat mirip dengan Matahari kita sendiri. Hantu itu disebut nebula planeter, yang terbentuk dari sisa-sisa bintang mati.

Nebula berkilauan ini dijuluki Nebula Burung Hantu Selatan, karena terlihat seperti burung hantu jika dilihat oleh teleskop kecil.

Nebula planeter terbentuk ketika bintang yang sekarat kehilangan kontrol atas lapisan gas terluarnya sehingga gas itu mengambang di ruang angkasa. Meskipun begitu indah, nebula planeter adalah keajaibab kosmik yang singkat. Mereka hanya bertahan selama beberapa ribu tahun, sedangkan bintang yang membentuk mereka hidup selama beberapa miliar tahun.

Hantu ruang angkasa ini memiliki peranan penting dalam alam semesta. Mereka membentuk debu kosmik. Debu kosmik mengandung zat kimia penting seperti karbon dan oksigen. Tanpa zat-zat tersebut, tak kan ada kehidupan di bumi. Zat-zat tersebut hanya diproduksi di dalam perut bintang.

Ketika bintang mati, zat-zat tersebut melepaskan diri ke luar angkasa dan dapat membentuk bintang atau planet baru.

Nebula Burung Hantu Selatan terbentuk oleh bintang yang mirip matahari kita, namun ukurannya menjadi hampir empat kali ukuran tata surya kita!

(Lutfi Fauziah/Sumber: Unawe.org)–NationalGeographic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb